Tips Menulis Surat Resmi Berdasarkan Contoh Surat Yang Sesuai

Uncategorized

Berbicara mengenai surat resmi, sebagian dari anda sudah tahu pastinya. Dan bagaimana cara membuat surat resmi tersebut sesuai dengan contoh surat yang baik. Namun terkadang dalam penulisannya kita lupa akan beberapa poin penting terkait bagian-bagian surat menyurat yang mana sifatnya resmi tersebut. Walau pun aktifitas surat menyurat memang mulai berkurang karena adanya perkembangan zaman dan teknologi. Mulai dari sms, whatsapp, email,  dan juga bbm yang mana sudah masuk dikehidupan sehari-hari.

https://www.suratresmi.net/

Akan tetapi berbeda dengan aktifitas surat menyurat biasanya. Karena memang aktifitas surat menyurat yang satu ini sedianya masih tetap diperlukan hingga sampai saat ini. Hal ini dikarenakan, surat resmi sendiri memang masih dibutuhkan dalam aktifitas instasi pemerintahan atau mungkin lembaga yang berbadan hukum. Yang jelas yang bisa mengeluarkan surat resmi adalah instasi pemerintahan dan lembaga berbadan hukum.

Biasanya dalam surat resmi sendiri terdapat kop surat. Dan kop surat tersebut berlabelkan lembaga instasi resmi dari pemerintahan maupun lembaga yang berbadan hukum. Dan untuk bisa memperoleh keabsahan hukum, serta wajib tercatat pada arsip surat dari catatan sipil di setiap lembaga instansi yang memang mengeluarkan surat tersebut. Nah jika anda lupa akan beberapa poin penting dalam pembuatan surat resmi. Kali ini admin sudah menyiapkan beberapa ciri-ciri dari surat resmi yang bisa anda pelajari.

Ciri-Ciri Contoh Surat Resmi Yang Sesuai

Perlu anda ketahui, setiap contoh surat resmi sedianya mempunyai ciri-ciri yang memang harus diketahui. Dan dengan hal inilah sedianya anda nantinya bisa membedakan antara surat tidak resmi dengan surat resmi. Adapun ciri-ciri yang bisa anda pelajari mengenai surat resmi diantaranya sebagai berikut:

Pertama, kepala surat atau kop surat. Dalam surat resmi memang terdapat kepala surat yang mana menunjukan dari mana asal surat tersebut. Biasanya di dalam kop surat tersebut terdapat logo dari instasi pengirim, alamat, hingga alamat email yang jelas.

Kedua, nomor surat. Perlu diketahui bahwasanya hanya instasi pemerintahan maupun lembaga berbadan hukum yang bisa mengeluarkan nomor surat. Hal ini bertujuan sebagai pengarsipan surat menyurat.

Ketiga, perihal. Mengenai hal ini memang dalam surat resmi ada istilah perihal yang dicantumkan. Dan perlunya mencantumkan perihal adalah sebagai penanda supaya surat resmi tersebut digunakan sesuai fungsinya.

Keempat, bahasa surat. Nah dalam pembuatan surat resmi harus memperhatikan bahasa yang digunakan. Yang pasti bahasa Indonesia yang harus sesuai EYD.

Kelima, terkait pengesahan dari surat resmi. Mengenai pengesahan ini memang harus diketahui oleh instansi pemerintahan atau lembaga berbadan hukum yang membuat surat tersebut. Yang jelas ada stempel resmi dari instansi atau lembaga tersebut.

Mungkin sampai di sini saja pembahasan mengenai tips menulis surat resmi berdasarkan contoh surat yang sesuai. Semoga dengan adanya pokok bahasan tersebut, bisa membantu anda mempelajari dan memahami pembuatan surat resmi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *